Lilypie 2nd Birthday Ticker
Friday, January 05, 2007
Iedul Adha 1427 H
Iedul Adha 1427 H kali ini di Dubai bertepatan dg tgl. 30 Desember 2006 dan informasinya musim Haji tahun ini ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai Haji Akbar karena waktu wukuf bertepatan dg hari Ju'mat yang merupakan hari besar bagi umat Muslim.

Hari raya Iedul Adha merupakan bentuk pembuktian ketaatan akan perintah Allah. yang diriwayatkan di dalam Al Qur'an dimana Nabi Ibrahim 'alaihissalam mendapatkan wahyu untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail 'alaihissalam dari Siti Hajar r.a. Subhanallah...Allah Maha Pengasih dan Penyayang, ketika ujung pedang sudah berada ditenggorokan, dengan segala kuasa Nya...Allah mengganti Nabi Ismail a.s dengan seekor domba.
Disinilah letak pembuktian bahwa Nabi Ibrahim alaihissalam lebih mencintai Allah dr sgala sesuatu di bumi ini meski itu dengan mengorbankan putranya sendiri yang sudah dinanti2kannya slama berpuluh tahun.

Berdasarkan sejarah itulah maka diwajibkan bagi ummat Islam yang mampu untuk memotong hewan kurban serta menunaikan ibadah haji sbg bukti ketaatan atas perintah Allah swt. Di samping bernilai ibadah Iedul Adha juga mempunyai nilai sosial yang tinggi, karena daging2 kurban itu diutamakan utk di distribusikan bagi orang2 yang benar2 membutuhkan sehingga mereka pun dpt merasakan kebahagiaan di hari besar ummat Islam ini.

Allah berfirman :

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

English: There does not reach Allah their flesh nor their blood, but to Him is acceptable the guarding (against evil) on your part; thus has He made them subservient to you, that you may magnify Allah because He has guided you aright; and give good news to those who do good (to others). (QS. Al Hajj : 37)

Subhanallah...smoga Allah memberi kesempatan untukku menyempurnakan ibadah sebelum uzur usia dan sebelum nafas berada di ujung tenggorokan, amin ya Rabb.

Ini adalah Iedul Qurban atow lebaran haji yang pertama untukku di Dubai. Pagi itu jam 6.15 menit tepat sehabis sholat subuh (bener2 masih gelap!) aku beranjak meninggalkan rumah menuju Konjen RI untuk melaksanakan sholat Ied. Kali ini pun aku brangkat bareng dg mbak Rini sekeluarga, jadi...gak khawatir telat lagi spt Iedul Fitri kmr karena nunggu taksi yg mmg jarang lewat...*kan..sopirnya jg pada sholat Ied dulu..*_^.

menu on the day...!!!!
Sholat dimulai pukul 7.15 menit, acara di awali dg sambutan dan pengumuman adanya pergantian para pejabat di lingkungan konjen RI di Dubai. Sehabis sholat kita bersalam2an dan.....makaaannn..!!...hihihii.
Rame bgt! ya..orang2nya..ya..menu nya, sampai ada 3 deretan meja makanan plus 2 meja utk minuman. Ada opor ayam, telur balado, lalapan, sambel, krupuk, bakwan, teh+kopi panas (stidaknya itu yg aku makan...hehehee).


Suasana pagi itu pun brubah seperti pesta kebun, kita duduk2..ngobrol rame2 sambil makan di hamparan tikar di halaman konjen RI yang hijau.

mejeng dulu yeee....*_^




kluarga kecil kluarga bahagia
(mbak rini 'n eva)...^_^













merumput rame2...!!!

Hari itu di konjen tidak ada acara potong kurban karena kebanyakan orang2 yg berkurban memilih untuk berkurban di tanah air tercintah jadi...jangan heran kalo tidak smuanya bisa menikmati daging kurban...sate, tongseng dkk..gak apa-apa...dan lagi masih banyak sodara2, tetangga dan kawan kita yg lebih membutuhkan apalagi akhir2 ini begitu banyak musibah yg terjadi di Indonesia. Let's pray.. s'moga mereka diberi kesabaran, ketabahan dan kekuatan iman pun dapat merasakan kebahagiaan di Iedul Adha ini..amin ya Rahman ya Rahiim.

Oh ya..ternyata tidak hanya di Indonesia sj yg tertimpa musibah bahkan para jamaah haji pun tertimpa musibah kelaparan krn koordinasi katering yg amburadul.
Astaghfirullah al'adziim...jangan buru2 menghakimi dan menyalahkanlah...sblm pergi haji mungkin kita harus lebih aware dulu kali yaa...dengan memperhatikan kondisi sodara2 kita, tetangga kanan kiri kita apakah mereka kelaparan atow tidak di saat kita berlimpah.
S'moga smuanya sabar yah...karena Allah swt. tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan kita...dan lagi menurut informasi dr bliau-bliau yg sdh pernah menunaikan haji bahwa pada saat itu kita akan mendapat balasan dr Allah swt. berdasarkan apa-apa yg telah dan pernah kita lakukan sblm kita brangkat haji. Naa...kita gak mau kan kelaparan di akhirat nanti...??? (na'udzubillahi mindzalik)
S'moga temen2 yang berhaji tahun ini tetap mendapat haji mabrur dengan menjadikan diri lebih baik dan bermanfaat bagi orang2 di skitar kita dan....di cintai Allah serta Rasul Nya.........Allahumma amiiin...!!! *(pinginbanget!)











 
posted by DesertRose at 8:28 AM | Permalink |


1 Comments:


  • At 9:17 AM, Anonymous Anonymous

    fen,kapan2 berangkat haji bareng2 yuk dari dubai
    tapi kapan ya??? nunggu anak bisa ditinggal?